Sosialisasi ‘Menjalani “New Normal” Selama Pandemi COVID-19’ oleh Mahasiswa UMM

  
Jumat,(01/08/2020), Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 39 telah melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM). Program (PMM) yang diselenggarakan oleh UMM, merupakan wadah dan sarana bagi mahasiswa UMM untuk dapat berperan aktif dalam kehidupan di masyarakat.
Dibawah bimbingan dan pengawasan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu ibu Sendi Lia Yunita, S.Farm., Apt., M.Sc. Tim PMM UMM kelompok 39 dapat melaksanakan program bertema Pentingnya Sosialisasi dan Edukasi kepada masyarakat dalam Menjalankan “New Normal” Selama Pandemi Wabah COVID-19 dengan baik dan berjalan lancar.

Alhamdulillah, Tim telah melaksanaka sosialisasi secara rumah ke rumah atau door-to-door kepada masyarakat di empat wilayah terkait ‘Menjalankan “New Normal” Selama Pandemi Wabah COVID-19’. Wilayah kegiatan ini berada di (1) Dusun Jatirejo, Pulorejo, Jombang (2) Dusun Beyan, Pandanwangi, Jombang (3) Desa Sawojajar, Kedungkandang, Malang dan (4) Dusun Ledoksari, Grabagan, Tuban. 

Sosialisasi dilaksanakan mulai tanggal 4 Juli – 1 Agustus 2020 di keempat desa, sehingga diharapkan banyak masyarakat yang teredukasi dan dapat menjalankan New Normal dengan baik. Dilaksanakan di empat wilayah ini, diharapkan informasi yang diberikan merata, sehingga masyarakat sudah mengetahui dan memahami protocol kesehatan selama masa pandemi ini.

Di tengah pendemi covid-19 pemerintah terus memperbarui kebijakannya guna beradaptasi dengan pandemi ini, kebijakan terbaru yang diterapkan adalah New Normal. New Normal merupakan langkah percepatan penanganan covid-19 dalam bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi yang dijalankan dengan mempertimbangkan kesiapan daerah dan hasil penelitian epidemiologis wilayah terkait.

Sosialisasi dilaksanakan secara door-to-door untuk mencegah berkumpulnya massa dalam jumlah yang banyak pada satu tempat. Kegiatan ini juga dilakukan dengan mematuhi anjuran-anjuran dan peraturan dari protocol pencegahan COVID-19 yang telah dikeluarkan oleh pemerintah sehingga ikut mendukung upaya pencegahan COVID-19. 

Materi yang disosialisasi kepada msayarakat berupa penjelasan mengenai protocol New Normal yang diterapkan pemerintah selama pandemic COVID-19. Materi disampaikan menggunakan media poster dan pamflet yang diberikan kepada masyarakat. Materi mencakup pengertian dari New Normal, anjuran dan protocol kesehatan selama pandemic, pentingnya menjaga kesehatan dan pentingnya mencuci tangan. Disini tim juga memberikan sosialisasi dan arahan terkait cara mencuci tangan yang benar berdasarkan 6 langkah cuci tangan. 

Anjuran New Normal yang ditekankan adalah untuk berada di rumah saja bila tidak ada kegiatan yang mendesak, sering mencuci tangang, selalu sedia handsanitizer saat berpergian, selalu  menggunakan masker kain bila keluar rumah, jika sedang flu atau tidak enak badan dirumah saja, menjaga jarak atau physical distancing saat berada di tempat umum, dan selalu membawa serta menggunakan perlengkapan pribadi.

Kegiatan sosialisasi ini juga diselingi oleh pemberian masker dan hand sanitizer kepada masyarakat, sehingga harapannya masyarakat dapat selalu menerapkan anjuran pencegahan COVID-19 dengan memakai masker dan selalu mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan aktivitas.   

Subscribe to receive free email updates:

About Me

Eko Prasetyo Utomo
View my complete profile